Saturday, November 3, 2012

web browser

Web Browser adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajahi dunia Internet atau untuk mencari informasi tentang suatu halaman web yang tersimpan di komputer.
  • Fungsi Web Browser

    Untuk membuat aplikasi Web, dalam hal ini kita menggunakan HTML. Di sini kita membutuhkan suatu editor yang berguna untuk mengetik, mengedit atau menyimpan dokumen-dokumen HTML Editor untuk mendesain suatu Web dibagi 2 yaitu WYSIWYG (Graphic) Editor, antara lain Notepad dan Ultra Edit, dan Editor WYSIWYG, antara lain Netscape dan Front Page.

  • Struktur Dasar HTML

    Fungsi utama dari web browser adalah untuk menampilkan halaman-halaman web yang terdapat di internet, selain itu kita dapat menyimpan website tersebut dan dapat kita panggil lagi kemudian (Bookmark), website juga dapat disimpan (save) hingga informasi-informasi di dalamnya dapat kita ambil.
Cara  kerja web browser
Pada saat kita mengetikkan sesuatu alamat pada browser maka data akan dilewatkan oleh suatu protocol HTTP melewati port 80 pada server.perintah yang kita ketik tadi akan di proses ke dalam mesin pencari. Alamat ini adalah URL dari suatu situs yang mempunyai alamat yang unik di Internet. Web Browser akan mengirimkan suatu aturan yang telah disepakati sebelumnyua, aturan ini biasa disebut sebagai protocol, stadar protocol menggunakan TCP/IP, proses ini dimulai dengan melakukan 3 way handshakes antara sumber dan tujuan.

Browser Mengambil Page
Suatu browser mengambil sebuah web page dari server dengan sebuah request. Sebuah request adalah sebuah request HTTP standart yang berisi sebuah page addres. Sebuah page addres terlihat seperti berikut: http://www.kita.web.id/page.html

Browser Menampilkan Page
Seluruh web page berisi instruksi-instruksi bagaimana untuk ditampilkan. Browser menampilkan page dengan membaca instruksi-instruksi ini. Instruksi yang paling umum untuk menampilkan disebut dengan tag HTML. Tag HTML contohnya adalah seperti berikut: <p> Ini adalah paragraf </p>.

Server Web
Server web adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, komputer ini akan melayani permintaan dokumen web dari kliennya.
Browser web seperti Explorer atau Navigator berkomunikasi melalui jaringan (termasuk jaringan internet) dengan server web, menggunakan HTTP. Browser akan mengirimkan request kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan lain yang disediakan oleh server. Server memberikan dokumen atau layanannya jika tersedia juga dengan menggunakan protokol HTTP.
Contoh web browser
  • Mozilla firefox,
Web browser ini dibuat oleh Mozilla corporation. Firefox merupakan web open source yang dibuat dengan Gecko layout engine. Firefox didukung dengan sejumlah Add-ons yang dapat kita install secara terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan Add-ons tersebut.
  • Internet explorer,
Web browser ini biasa dikenal dengan nama pendek IE . Tahun 1995 IE dikategorikan sebagai default software pada saat instalasi system operasi windows.
  • Safari,
Web browser ini dikembangkan oleh perusahaan Apple yang pertama kali diluncurkan pada 7 Januari 2003.
  • Opera,
Web browser yang dikembangkan oleh Opera Software Company. Opera mempunyai Opera Widgets yaitu sebuah aplikasi kecil yang dijalankan bersamaan dengan opera yang mempunyai kegunaan tertentu seperti pada firefox yaitu Add-ons.
  • Google chrome,
Web browser ini dikembangkan oleh google yang menggunakan WebKit layout engine and application framework. Pertama kali diluncurkan pada 2 September 2008 sebagai versi beta untuk Microsoft Windows.
  • Internet Expoler

    Di sini saya mengambil Internet Expoler sebagai web browser nya. Microsoft Internet Expoler, merupakan software yang Built-in dengan sistem operasi Windows. Versi dari Internet Expoler berbeda-beda sesuai dengan sistem operasi Windows yang digunakan (IE 4.0 uNTUK wINDOWS 98/ME, IE 5/6 untuk Windows XP). Untuk memulai Internet Expoler dapat dilakukan dengan cara berikut :

    1. Pilih program Internet Expoler, dapat melalui start atau melalui icon internet expoler.
    2. Lakukan koneksi ke internet terlebih dahulu, bila diperlukan.
    3. Ketik alamat website yang akan dituju, jika koneksi berjalan maka akan tampil halaman web yang Anda inginkan

    Untuk membuka suatu website terdapat dua cara yang dilakukan yaitu :

    • Pertama. Memilih menu File, kemudian Open maka akan ditampilkan jendela Open. Lalu masukkan alamat website yang Anda inginkan. Misalnya http://www.unikom.ac.id, kemudian tekan tombol OK atau Enter, maka akan dimunculkan website tersebut.
    • Kedua. Dengan memasukkan langsung alamat websitenya ke kotak address yang terdapat di jendela Internet Expoler.

No comments:

Post a Comment